Thursday, May 14, 2015

Cara Menjaga Ekosistem Karang: Tambah Lebih Banyak Populasi Ikan

Ikan adalah resep kunci dalam cara baru untuk mendiagnosa dan merestorasi ekosistem terumbu karang yang terdegradasi, menurut peneliti dari Institusi Ilmu kelautan Australia , WCS, James Cook University, dan organisasi lainnya pada studi yang baru-baru ini dilaksanakan dipublikasi dalam jurnal Nature. Untuk ekosistem terumbu karang yang over fishing, restorasi populasi ikan menunjukkan peran kunci untuk merestorasi fungsi kritis ekologi. Secara moderat cara ini memberi pengetahuan ikan mana yang bisa ditangkap, seberapa banyak, dan berapa yang harus disisakan di alam. Para peneliti banyak yang berspekulasi bahwa mempertahankan dan merestorasi populasi ikan akan meningkatkan ketahanan terumbu karang terhadap ancaman yang lebih luas seperti perubahan iklim. Secara umum terumbu karang di dunia mengalami krisis, beberapa wilayah pesisir mengalami ancaman seperti overfishing, pencemaran, pembangunan di pesisir serta ancaman perubahan iklim. Menurut World Resources Institute, sekitar 75 persen terumbu karang dunia terancam dan lebih dari 20 persen sudah punah semenjak perubahan iklim dan intensifnya industri perikanan 30 tahun terakhir. Pada saat yang bersamaan, hanya 27 persen terumbu karang dunia yang ada masuk dalam wilayah perlindungan laut.

Mengambil terlalu banyak ikan herbivor dan ikan pemangsa akan menyebabkan kondisi kritis terhadap terumbu karang dan akan mengurangi kapasitasnya dalam merespon perubahan di sekitarnya, seperti melimpahnya populasi alga yang akan menutupi karang bahkan membunuhnya karena ikan herbivor yang bertugas memakan alga sudah berkurang sehingga tidak mampu mengontrol populasi alga.

Untuk itu diperlukan pembatasan penangkapan ikan dengan mengetahui berapa jumlah populasi• Berdasarkan penelitian terumbu karang yang tidak memiliki populasi ikan sekitar 1,000 kilograms per hectar berarti terumbu karang tersebut sudah terancam,meskipun secara fisik terumbu karang yang ada masih bagus secara kasat mata.• Dan jika dalam 1 hektar sisa ditemukan biomass ikan sekitar 100 Kg maka wilayah tersebut sudah terdegradasi• 

Oleh karena itu selain upaya pengawasan sumber daya laut yang intensif, upaya merestorasi populasi ikan juga sangat diperlukan dalam menjaga keberlanjutan produksi perikanan.

Sebenarnya pihak Dinas Kelautan dan Perikanan melalui Subag Program sudah berkali-kali mengusulkan upaya restocking/sea ranching namun selalu mentok karena secara politis tidak kuat,kalangan umum masih berpandangan bahwa jumlah ikan di laut masih sangat banyak. Kegiatan yang favorit adalah bantuan ke nelayan dan pembudidaya karena ini juga nantinya berkorelasi positif dengan perolehan suara bagi para politikus.



1 comment:

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete