Sunday, April 28, 2024

KOLABORASI DUA SEKTOR MENDONGKRAK KETAHANAN PANGAN

 


Sektor kelautan dan perikanan dan sektor pertanian merupakan sektor serumpun yang saling terkait. Kedua sektor ini memang awalnya dianggap satu sektor namun seiring dengan perubahan kebijakan kedua urusan ini dipisahkan agar kebijakan pemerintah fokus untuk meningkatkan urusan masing-masing, meskipun dalam perhitungan domestik bruto masih menggabung kedua sektor ini dalam sektor pertanian. Kedua sektor ini sangat berperan dalam menjaga ketahanan pangan dan menjamin gizi masyarakat sehingga langkah kebijakan keduanya harus selalu saling terintegrasi.

Salah satu bentuk kolaborasi yang terlaksana dilapangan adalah pemanfaatan embung untuk budidaya perikanan air tawar. Embung atau cekungan penampung (retention basin) adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait (sungai, danau).Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika,hingga pengairan. Embung menampung air hujan di musim hujan dan lalu digunakan petani untuk mengairi lahan di musim kemarau.

Di bontotanga Kecamatan Bontotiro dibawah suluhan Amiruddin (penyuluh perikanan) embung kemudian disulap menjadi kolam pemeliharaan ikan tanpa mengurangi fungsinya sebagai embung. Ikan nila yang dijadikan sebagai komoditas peliharaan selama satu tahun belakangan sudah mampu memenuhi kebutuhan konsumsi kelompok perikanan Pokdakan Pariya. Pokdakan pariya ini sudah terbentuk tahun 2015 namun untuk pemanfaatan embung ini baru dilaksanakan satu tahun terakhir.

Namun selama satu tahun berbudidaya Pokdakan pariya bukan berarti tidak mengalami kendala. Beberapa kendala yang dihadapi diantaranya susahnya pemenuhan pakan dan pola pemeliharaannya masih tradisional sehingga produktivitas tergolong rendah. Namun demikian, dibawah suluhan Amiruddin, pokdakan ini mulai memanfaatkan beberapa sumber pakan lokal seperti penggunaan daun pepaya dan tanaman-tanaman air serta dan ikan-ikan rucah, selain itu Amiruddin getol memberi arahan budidaya yang baik, terutama dalam manajemen bibit, manajemen pakan dan manajemen kolam. Karena kolam punya ambang batas terhadap kemampuan budidaya untuk itu perlu dikelola.


No comments:

Post a Comment