Monday, January 17, 2022

ORGANISASI RAMPING - AKURAT UNTUK TEROBOSAN SEKTOR PERIKANAN

 


Salah satu reformasi yang dilakukan oleh Bupati Bulukumba baru - baru ini adalah perampingan kelembagaan, perampingan ini sesuai dengan semangat Millenial yang bekerja lebih simpel dan Goal Oriented, bukan pada organisasi yang gemuk, lamban dan birokratis.Organisasi yang ramping serta tepat dan akurat merupakan hal-hal yang dibutuhkan sebagai kunci guna mewujudkan berbagai program terobosan salah satunya di sektor kelautan dan perikanan Bulukumba.

Meski secara kontribusi di perekonomian daerah, sektor perikanan merupakan salah satu kontributor terbesar, namun organisasi di sektor ini juga tak luput dari upaya perampingan, karena perampingan ini bagai obat diet yang membuat pergerakan bisa lebih efisien.

"Pelaksanaan seluruh program terobosan tentunya harus didukung oleh kelembagaan  yang tepat dan akurat, ramping namun tetap mampu menjawab kebutuhan yang ada dan tidak justru menghambat pelaksanaan program yang telah direncanakan, diperlukan sinergi semua pihak sangat dibutuhkan dalam mengakselerasi berbagai program terobosan di sektor kelautan dan perikanan yang telah ditetapkan.

Untuk itu, seluruh elemen terkait, terutama para Pejabat Fungsional yang baru - baru ini disetarakan dari jabatan eselon IV semestinya menjadi Faktor Kunci untuk mengakselerasi program terobosan yang sudah ditetapkan. Peralihan ke fungsional ini akan membuat sistem kerja lebih efektif, karena mereka tidak lagi terikat pada unsur - unsur birokrasi dan terfokus pada tugas dan fungsi yang telah ditetapkan. Sistem ini tentunya mendukung program terobosan sebelumnya yang berupa program 1.000 rumpon, penyediaan kolam labuh, New Budidaya Rumput laut dari pipa paralon dan reformasi penyaluran bantuan yang tepat sasaran. 






No comments:

Post a Comment