Friday, August 12, 2022

AKSI BERSIH PANTAI WUJUD CINTA LAUT



Laut dan pantai merupakan karunia Tuhan yang sangat besar nilainya, karena laut ini berperan sangat vital terhadap kehidupan di bumi, sekitar 50% dari buangan emisi karbon di bumi diserap oleh lautan, belum lagi perannya dalam menjaga kestabilan suhu bumi, dimana laut berfungsi menyerap panas matahari di siang hari dan melepaskannya di malam hari skema inilah yang membuat suhu bumi tetap stabil dan layak untuk dihuni oleh ummat manusia. Jangan pula lupa perannya dalam menyuplai protein untuk masyarakat, bahkan suplai protein yang disumbangsihkan oleh laut juga berkisar di angka 50% baik itu berupa ikan dan biota lainnya yang bersumber dari laut.

 

Sponsored By: KLA BIOTIK

Menyadari begitu pentingnya peran laut dalam kehidupan kita diperlukan upaya pelestarian yang terus menerus untuk menjaga ekosistem laut. Untuk itu Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan melalui Cabang Dinas Kelautan wilayah selatan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten yaitu Dinas Perikanan, Dinas LHK, Kecamatan dan kelurahan melaksanakan bersih-bersih pantai di Pantai Merpati Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Aksi bersih pantai ini mengangkat Tema “Lestari Pantai” tema ini diharapkan menjadi pemantik kesadaran masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di pantai. Pantai adalah teras kita bukan bagian belakang kita yang identik dengan pembuangan sampah.

 


Pada kesempatan ini para peserta pembersih pantai yang terdiri dari 300 orang berhasil memungut sampah dari laut dan pantai sekitar 500 Kg -  800 Kg sampah (Asumsi ini diambil dari asumsi motor sampah yang memuat sampah sekitar 100 Kg/Unit), aksi bersih pantai ini berlangsung hanya sekitar 1 jam dan sudah berhasil mengangkat sampah yang lumayan banyak, sehingga apabila gerakan bersih pantai ini dilakukan secara regular maka diyakini akan berdampak semakin membaiknya lingkungan pantai.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas LHK Kabupaten Bulukumba Drs. Alfian menyampaikan bahwa untuk mengatasi persoalan sampah maka ada 3 (tiga)  cara yang bisa dilakukan yaitu 3 R, konsep pengolahan sampah ini terdiri dari Reduce (mengurangi jumlah sampah), Reuse (menggunakan kembali barang yang masih bisa digunakan), Recycle (daur ulang). Lebih lanjut Kepala Cabang Dinas Kelautan wilayah Selatan mengungkapkan A.M. Suhriawan S, S.STP,MM bahwa Pemerintah Provinsi hanya memiliki kewenangan wilayah laut 0 – 12 Mill laut, wilayah ini tidak memiliki penduduk yang ada hanya ikan , rumput laut dan biota lainnya sehingga untuk menjaga keberlanjutan sumberdaya laut diperlukan bantuan dari Pemerintah Kabupaten karena kabupatenlah yang memiliki warga sebagai pemanfaat dari sumberdaya laut.

 

Pada kesempatan terpisah Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Bulukumba Yusli Sandi,S.Kel,M.Si menyatakan bahwa kegiatan seperti ini meski kelihatannya berdampak kecil namun sangat berpengaruh terhadap keberlanjutan ekosistem, kegiatan ini memang mungkin tidak berhasil mengangkat seluruh sampah di pantai merpati, namun kegiatan ini diharapkan akan memantik kesadaran masyarakat pesisir untuk menjaga kebersihan lingkungan laut, jika ini dilakukan regular lambat laun warga akan terpanggil untuk turut serta secara sukarela dalam membersihkan pantainya, minimal mencegah mereka untuk membuang sampah secara serampangan di laut.

 

MARI CINTAI LAUT KARENA MENCINTAI LAUT BERARTI MENCINTAI KEHIDUPAN

No comments:

Post a Comment