Friday, September 23, 2022

JUTSUKA "KOLABORASI BUKAN KOMPETISI"

Palangisan (22/9), Jutsuka salah satu UMKM bidang perikanan kembali membuat gebrakan. UMKM yang sudah berhasil menembus pasar ritel modern dan menembus pasar mancanegara ini memfasilitasi UMKM lainnya untuk mengikuti jejak langkahnya. Ada beberapa UMKM yang ia bina dan fasilitasi dalam gerai pemasarannya di Palangisan yang diberi nama Galery Fullsaku. Menurut Rizky owner JUTSUKA, Galery Fullsaku berukuran kecil (4x3 meter) terletak di Jalan Poros Palangisang – Tamatto, Dusun Sapiri Pangka, Desa Balleanging, Kec. Ujung Loe. Turut mengambil peran sebagai wadah pemasaran produk UMKM lokal Bulukumba yang berbasis di Desa. Konsep yang ditawarkan Kolaborasi UMKM – Promosi UMKM yang berbasis kearifan local, saling membantu satu sama lainnya, dan bergotong royong, bukan kompetisi antar produk.
Sebagai wujud apresiasi dari langkah kolaborasi JUTSUKA ini, Wakil Bupati Bulukumba H.Andi Edy Manaf dan rombongan Meninjau tempat pengolahan ikan dan pengemasannya yang kemudian produk akhirnya dipasarkan di Galrey Fullsaku. Kunjungan ini juga sekaligus sebagai silaturahmi dengan pelaku UMKM dari berbagai daerah seperti Kajang, Bontobahari, Gantarang, Rilau ale dan lain-lain. Selain Wakil Bupati acara silaturahmi ini juga dihadiri oleh Kadis Perdagangan, Perindustrian, Koperasi & UKM beserta rombongan (Kabid dan staff), Pemerintah Desa Balleanging, Pemerintah Desa Balong, DPD AkuMandiri Kab. Bulukumba, Pelaku UMKM dari berbagai kecamatan, Nelayan (KUB Citra Nelayan Kasuso dan KUB Doang Lobster), Perwakilan Komunitas Pejuang Subuh dan Warga sekitar
Dalam kesempatan tersebut Pak Wakil bupati dan Kadis mengapresiasi atas sinergi & upaya yang telah dibangun oleh pelaku UMKM. UMKM Jutsuka hanya salah satu bagian kecil yang berinovasi di Desa untuk berkontribusi dan bersinergi dengan pemerintah/dinas yan terkait. Tidak lupa pak wakil bupati juga mendengarkan secara langsung kendala yang dihadapi pelaku UMKM untuk pengembangan (sarana & akses pasar) serta memberikan motivasi ke pelaku UMKM.
Bapak Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi & UKM juga menyampaikan saat ini kami sedang gencar dan aktif mendorong upaya pengembangan UMKM tentunya para pelaku UMKM juga harus berjalan seirama dengan langkah inovasi dinas terkait. Pada kesempatan itu pula, selain Santap siang dan diskusi santai antar pelaku UMKM dan dinas terkait/pemerintah, Bapak Wakil Bupati dan rombongan juga melakukan Gerakan mendukung produk local UMKM dengan belanja di Galery Fullsaku, rombongan pak wakil bupati ini bahkan sempat memborong produk-produk yang ada di Galery Fullsaku, langkah ini tentu sebuah stimulus positif bagi pengembangan UMKM. Tidak hanya sampai disitu, kamis malam (22/9) JUTSUKA yang bergerak bidang olahan perikanan kembali melanjutkan acaranya dengan ikut berpartisipasi mensukseskan dan mensosialisasikan program GEMARIKAN (Gerakan memasyarakatkan makan ikan) skala kecil yang kurang lebih dihadiri 100 orang dengan persediaan 3 box ikan (untuk warga Desa Balleanging dan Desa Balong, serta beberapa kelompok nelayan yang hadir), bahkan acara ini juga dihadiri oleh salah satu anggota DPRD Bulukumba komisi B Andi Narni.
Acara GEMARIKAN secara mandiri yang dilakukan oleh pelaku UMKM ini langsung mendapat respon positif dari Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Perikanan Fachry Amal,S.Pi, menurutnya, JUTSUKA membuktikan bahwa pemerintah tidak sendiri dalam perjuangan meningkatkan konsumsi ikan dan memerangi stunting, pemerintah memang tidak bisa jalan sendiri harus mendapat dukungan dari berbagai pihak, tambahnya.
Adapun jenis produk yang sudah dipasarkan di Galery Fullsaku sebagai berikut: 1.Ikan kering JUTSUKA (Poklahsar JUTSUKA Desa Balleanging, Kec. Ujung Loe) 2.Ikan Kannasa KASUKA (Poklahsar JUTSUKA Desa Balleanging, Kec. Ujung Loe) 3.Ikan Asap (Poklahsar JUTSUKA,Desa Balleanging, Kec. Ujung Loe) 4.Bakso Ikan (Poklahsar JUTSUKA Desa Balleanging, Kec. Ujung Loe) 5.Ruhu-ruhu Bunda-J (Desa Balleanging, Kec. Ujung Loe) 6.Kopi Kajang (UKM Tiga Berlian, Kec. Kajang) 7.Labbu Putu Pesse (UKM Tiga Berlian, Kec. Kajang) 8.Keripik Campe’ (KWT Lembah Kharisma Tabbuakang, Kahayya) 9.Kopi Harapan (KUPS Kopi KTH Bunga harapan, jawi-jawi, Bulukumpa) 10.Abon telur (Usaha Hadiahku RR, Bolacippee, Gantarang) 11.Madu Air Terjun Kahayya (kahayya, Kec. Kindang) 12.Madu Hutan  (Lemo-lemo, Bontobahari) 13.Sambal Mr. Al-88 (Desa Gattareng, Gantarang) 14.Sambal Tuna Asap (ITUBER, Kec. Bulukumpa) 15.Snack Lauk TETEKA (A’Ma Product, Bulukumba) 16.Kunyit bubuk Kahayya (Kelompok Usaha Annur Siriya, Desa kahayya) 17.Jagung Marning GOLDEN CORN (UMKM Lantabur, Desa Tamalanrea, Kec. Bontotiro) 18.Ma’ Clean – cairan pencuci piring ( Matsyam Produk, Bulukumba) 19.Frozen Fish ( Kelompok nelayan Kec. Bontobahari)

No comments:

Post a Comment