Friday, September 16, 2022

LOMBA MASAK SERBA IKAN, “UPAYA MENCERDASKAN ANAK BANGSA”

Tidak dapat dipungkiri bahwa makan ikan menyehatkan dan baik untuk kecerdasan, karena dibalik kelezatan ikan terdapat kandungan senyawa Omega 3 yaitu DHA dan EPA. DHA atau docosahexaenoic acid, asam lemak yang termasuk dalam kelompok Omega-3. Komposisi otak terdiri dari lemak yang sekitar seperempatnya dihasilkan oleh DHA. Saat menganalisis struktur otak, ilmuwan menemukan bahwa DHA merupakan bagian dari struktur membran neuron. DHA berperan dalam bagian yang sangat besar pada materi abu-abu di otak (kecerdasan) dan di retina (penglihatan total mata). DHA membentuk kepekaan neuron, yang membantu menyampaikan informasi dengan cepat dan akurat. Asam lemak Omega-3 membantu pembentukan neuron dan transporter glukosa. Ini adalah nutrisi utama yang membantu otak berfungsi.

 

Dokumentasi Kegiatan

Sementara itu EPA atau eicosapentaenoic acid, salah satu asam lemak Omega-3 yang juga disebut “pemurni darah”. Para ilmuwan telah menemukan bahwa efek utama EPA adalah membantu produksi prostaglandin dalam darah. Jenis prostaglandin ini mencegah penumpukan trombosit, yang mengurangi dan mencegah trombosis. Prostaglandin tersebut juga mengurangi kolesterol dan trigliserida dalam darah, serta mengurangi viskositas darah. Olehnya itu hampir tidak ada satupun penyakit yang berpantangan makan ikan, berbeda dengan daging sapi misalnya harus diatur asupannya agar tidak berdampak pada peningkatan kolesterol dalam darah.


Untuk itu sebagai sumber pangan yang sangat esensial ikan harus bisa dipastikan untuk menjadi menu makanan sehari-hari keluarga. Menurut Kepala Dinas Perikanan Bulukumba Drs. Asrar A. Amir dalam acara lomba masak serba ikan pada hari kamis tanggal 15 september 2022, bahwa angka konsumsi ikan Kabupaten Bulukumba baru mencapai 55 Kg/Kapita/Tahun, , angka ini kurang lebih sama dengan tingkat konsumsi nasional yaitu 55,37 Kg/Kapita. Namun sebagai daerah penghasil ikan terbesar di Sulawesi Selatan, harusnya bulukumba bisa lebih besar dari itu karena Bulukumba merupakan penghasil ikan terbesar di Sulawesi Selatan. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan lomba masak serba ikan yang dilaksanakan tahun ini dapat meningkatkan tingkat komsumsi ikan di kabupaten Bulukumba, tutur bapak Asrar.

Sponsored By : KLA BIOTIK


Dalam kesempatan yang sama Bapak Wakil Bupati Bulukumba H. Andi Edy Manaf, S.Sos menyampaikan bahwa Potensi sumberdaya perairan laut yang ada di Kabupaten Bulukumba sangat besar, maka ketersediaan ikan akan selalu ada disekitar kita, sehingga kita mudah menyajikan ragam menu masakan ikan untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting dan mencerdaskan anak anak kita. Wakil Bupati juga mengajak kepada seluruh masyarakat kabupaten Bulukumba untuk Gemar makan Ikan, agar seluruh masyarakat kabupaten Bulukumba menjadi masyarakat yang sehat dan cerdas. Mari kita Cintai Bulukumba dengan Gemar Makan Ikan, semoga upaya kita dalam memperbaiki gizi masyarakat dapat berbuah manis, serta berdampak pada turunnya angka stunting di Kabupaten Bulukumba, sehingga nantinya akan muncul generasi-generasi unggul dan cerdas sebagai penerus bangsa.  


Lebih lanjut dijelaskan Dani Susanto,S.Pi selaku PPTK kegiatan bahwa Kegiatan Lomba Masak Serba Ikan ini adalah kegiatan Dinas Perikanan yg bekerja sama dgn TP PPKM Kab. Bulukumba. Kegiatan ini diikuti oleh 10 TP PKK tingkat kecamatan yang menampilkan berbagai jenis masakan serba ikan yg dapat disajikan dalam menu keluarga sehari hari. Melalui kegiatan ini diharapkan ikan menjadi masakan harian keluarga yang dapat mencegah Stunting dan meningkatkan kecerdasan anak.


Sementara itu, bapak Fachry Amal,S.Pi selaku Kepala Bidang Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perikanan juga mengkonfirmasi bahwa untuk menyasar semua segmen usia dalam hal GEMAR IKAN maka dalam lomba ini diadakan 3 (tiga) jenis menu lomba yaitu :

1.    Menu Ikan untuk Keluarga : hidangan yang dibuat dalam porsi keluarga terdir atas ayah, ibu dan 2 anak.

2.    Menu Ikan untuk Balita : Hidangan jenis ikan yang dibuat untuk keperluan anak usia 3 – 5 Tahun.

3.    Menu ikan Kudapan : Jenis hidangan ikan yang ditujukan sebagai kudapan yang umumnya dikonsumsi secara terpisah dari menu utama.

 

Untuk itu lebih lanjut Pak Fachry mengucapkan banyak Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan lomba masak serba ikan ini, terkhusus kepada Tim Penggerak PKK Tingkat Kabupaten maupun di kecamatan. Harapan kita bahwa PKK bisa menjadi motor penggerak dari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan di Kabupaten Bulukumba.

 


No comments:

Post a Comment