Saturday, January 6, 2024

JALAN MEMULAI BISINIS BIDANG PERIKANAN



Memulai bisnis tidak selalu mudah. Hal ini tentunya terjadi dalam dunia perikanan, dimana banyak sekali hal yang perlu diketahui. Di Perancis, untuk membantu kaum muda memasuki perdagangan yang penting ini, Komite Perikanan dan Budidaya Laut Finistère regional membentuk proyek Pathways to Fisheries yang didanai oleh Uni Eropa. 'Toko serba ada' ini membantu kaum muda menemukan jalan mereka melalui labirin informasi dan prosedur memukai bisnis untuk  melengkapi Tahun Keterampilan di Eropa.


Menjadi pebisnis baru bukanlah hal yang mudah

Proyek Pathways to Fisheries (jalan berbisnis di bidang perikanan) memandu dan memberi informasi kepada pendatang baru di profesi ini tentang semua persyaratan untuk berkarir di bidang perikanan, termasuk peraturan khusus, aspek sosial, keselamatan maritim, dan pendidikan.


Inisiatif ini pertama kali muncul pada tahun 2016-2017, ketika komite perikanan menggunakan dananya sendiri untuk mendukung masing-masing nelayan. Karena keberhasilannya, komite perikanan memerlukan lebih banyak sumber daya untuk mendukung proyek tersebut. Dengan bantuan pendanaan dari UE, proyek Pathways telah berkembang. Kini lembaga ini menawarkan wawancara terstruktur individu yang membahas semua topik yang perlu diketahui oleh para nelayan muda ketika memulai sebuah bisnis.


Proyek ini membantu mereka yang ingin mendirikan bisnis perikanan untuk menavigasi labirin administratif sektor perikanan dengan lebih baik


kata Solenne Le Guennec dari Komite Perikanan dan Budidaya Kelautan.


Kuesioner yang terperinci akan melihat latar belakang pribadi dan pengalaman profesional para nelayan, serta jenis usaha yang ingin mereka luncurkan, izin dan kapal yang mereka perlukan, dan di mana mereka berencana menangkap ikan. Proses ini juga membantu mereka terhubung dengan bank lokal, akuntan, lembaga pelatihan, dan organisasi produsen.


Program ini memberikan gambaran yang jelas kepada para nelayan baru mengenai proses awal mereka dan apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. Hal ini juga memberi mereka dukungan dan pelatihan yang mereka perlukan agar berhasil dalam perdagangan perikanan.


Membantu pembaharuan generasi di bidang perikanan

Proyek yang sukses ini telah membantu sekitar 100 orang. 85% dari mereka telah berhasil memasuki karir sebagai nelayan – sebuah pencapaian yang patut disyukuri dalam mengatasi masalah pembaruan generasi di sektor perikanan.


Komite perikanan regional lainnya telah memperhatikan keberhasilan proyek Pathways to Fisheries di Finistère dan tertarik untuk menerapkannya di wilayah lokal mereka. Sebagian dari pendanaan UE digunakan untuk mengembangkan panduan yang dapat dibagikan kepada mereka guna membantu mereka menyiapkan proyek serupa dan mendorong pembaruan generasi.

Menurut Yusli Sandi,S.kel,M.Si salah satu praktisi perikanan di Indonesia, menyebutkan bahwa program serupa perlu diterapkan di Indonesia, karena profesi nelayan dianggap sebagai profesi yang marginal, sangat jarang kaula muda kita yang tertarik untuk berusaha di sektor perikanan. Selain karena risiko profesi ini sangat besar juga masyarakat menganggap profesi usaha perikanan tidak bonafit. Untuk itu perlu dilakukan upaya serius untuk menangani ini.

No comments:

Post a Comment